๑۩๑ Selamat Merayakan Tahun Baru Hijriyah 1435 H, Tetap Perbanyak Shalawat kepada Manusia Terindah, Rasulillah Muhammad Ibni Abdillah ๑۩๑
Senin, 08 April 2013

Bakti Abu Yazid Kepada Ibunya.

 
Suatu malam, ibu Abu Yazid Al-Busthami radhiyallahu ‘anhu meminta air kepada beliau. Beliau pun pergi mengambilnya. Ternyata tempat penyimpanan air mereka kosong. Beliau pun segera pergi ke sungai mencari air. Sesampainya di rumah, ternyata sang ibu telah tertidur lelap. Malam itu udaranya sangat dingin. Abu Yazid memeluk erat-erat kendi (wadah air) yang beliau pegang. Ketika sang ibu terjaga, ia meminum air dalam kendi tersebut dan mendoakan Abu Yazid dengan keberkatan. Kendi itu telah membuat tangan beliau kaku. Pada saat itulah sang ibu bertanya, “Mengapa engkau tetap memegang kendi itu?”
“Aku khawatir tertidur saat ibu terjaga,” jawab beliau.
“Biarkan pintu kamarku setengah terbuka,” ucap sang ibu.
Sepanjang malam Abu Yazid berjaga-jaga agar pintu itu tetap dalam keadaan setengah terbuka, sehingga beliau tidak tergolong orang yang melalaikan perintah ibunya. Hal tersebut beliau lakukan berulang kali hingga fajar menyingsing.


Hikmah di Balik Kisah

Kewajiban untuk berbakti kepada orang tua sering kali dipandang remeh dan diabaikan. Padahal dengan berbakti kepada orang tua, seseoang akan mendapatkan puncak keinginannya, yaitu ridha Allah. Rasulullah saw bersabda:
“Keridhaan Allah terletak pada keridhaan kedua orang tua dan kemurkaan Allah terletak pada kemurkaan kedua orang tua.” (Bazar meriwayatkannya dengan matan sedikit berbeda.)
Dalam sebuah hadis Qudsi diriwayatkan bahwa Allah Ta’ala berkata:
“Barang siapa berpagi hari membuat kedua orangtuanya ridha dan membuat-Ku murka, maka Aku ridha kepadanya. Dan barang siapa berpagi hari membuat-Ku ridha dan membuat murka kedua orang tuanya, maka Aku murka kepadanya.” (Al-Hadis)
Seringkali seorang anak rela berbuat apa saja untuk orang yang dicintainya, akan tetapi untuk orang tuanya sekedar mengambilkan air minum saja terasa berat..

0 komentar:

Mari Berbagi Ilmu dengan like fanspage and follow twitter kami..

×
Diberdayakan oleh Blogger.



Follow Us on Twitter..

Pengikut