๑۩๑ Selamat Merayakan Tahun Baru Hijriyah 1435 H, Tetap Perbanyak Shalawat kepada Manusia Terindah, Rasulillah Muhammad Ibni Abdillah ๑۩๑
Minggu, 17 Maret 2013

'Umar bin Khatab ra dan Penggembala Kambing


‘Abdulllah bin Dinar menuturkan, “Suatu hari aku keluar meuju Mekah bersama ‘Umar bin Khatab ra. Di tengah jalan kami berhenti sejenak untuk beristirahat. Saat itu kami lihat seorang anak kecil menuruni bukit. Ternyata ia seroang penggembala kambing. Ketika bertemu dengannya, ‘Umar bin Khatab ra berkata, “Wahi pengembala, juallah seekor kambing ini kepadaku.”
“Aku seorang budak, kawanan kambing ini milik majikanku,” jawabnya.


 “Katakan saja kepada majikanmu bahwa kambing ini dimakan serigala,” ujar ‘Umar bin Khatab mengujinya.
“Jika kukatakan itu, lantas dimana Allah?” jawab Sang penggembala.
Mendengar jawabannya, ‘Umar menangis, ia menemui tuan budak itu, membeli Sang budak dan memerdekakannya, kemudian ‘Umar bin Khatab berkata kepadanya, “Kata-katamu tadi telah membebaskanmu dari perbudakan di dunia, semoga kelak di akhirat kata-kata itu dapat membebaskanmu dari siksa neraka.”

Hikmah di Balik Kisah

Seorang budak kecil yang tak memiliki apa-apa, mampu menjaga amanat yang dititipkan kepadanya. Tawaran menggiurkan dan alasan kuat untuk menipu majikannya tak kuasa merubah pendiriannya. Andai sikap seperti ini dimiliki oleh setiap Muslim, maka di manapun ia berada akan membawa ketentraman, kedamaian, dan kemakmuran. Sekali lagi, inilah buah ihsan.

dikutip dari buku Imam Ghazali bercerita karya Habib Naufal Alaydrus

1 komentar:

Agung N P mengatakan...

Subhanallah, Itulah seorang penggembala :)

Mari Berbagi Ilmu dengan like fanspage and follow twitter kami..

×
Diberdayakan oleh Blogger.



Follow Us on Twitter..

Pengikut