๑۩๑ Selamat Merayakan Tahun Baru Hijriyah 1435 H, Tetap Perbanyak Shalawat kepada Manusia Terindah, Rasulillah Muhammad Ibni Abdillah ๑۩๑
Jumat, 10 Mei 2013

Keutamaan Surah Al-Ikhlas


Surat Al-Ikhlas merupakan salah satu surat pendek yang banyak dihapal umat Islam. Kendati pendek, hanya empat ayat, surat ini memiliki banyak keutamaan dan kami akan berusaha menjelaskan satu-persatu.

Benteng Segala Bencana
Seorang sahabat yang bernama Khubai ra menceritakan :
“Pada suatu hari, di malam yang sangat gelap dan hujan turun deras, kami mencari Rasulullah saw untuk mendoakan kami (para sahabat takut bencana akan turun). Aku pun bertemu dengan beliau saw.
Tiba-tiba, beliau saw berkata,
“Ucapkanlah.”
Aku pun terdiam, tidak mengucapkan apa-apa. Beliau kembali berkata:
“Ucapkanlah.”
Aku kembali terdiam. Tetapi, beliau kembali berkata:
“Ucapkanlah.”
Pada saat itulah aku bertanya, “Apa yang harus kuucapkan?”
Maka Rasulullah saw bersabda :
“Ucapkanlah Qul Huwallahu Ahad (Surat Al-Ikhlas) dan Al-Mu’awwidzatain (Surat Al-Falaq dan An-Nas) ketika engkau berada di sore dan pagi hari masing-masing sebanyak tiga kali, maka ketiga surat itu akan melindungimu dari segala sesuatu.” (HR. Tirmidzi, Nasai, Abu Dawud dan Thabrani)
Dalam hadist di atas Rasulullah saw mengajarkan agar setiap hari kita berusaha untuk melindungi diri dari bencana dan adzab dengan membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas, sebanyak tiga kali. Jika dzikir ini kita amalkan setiap hari, insya Allah Allah akan menyelamatkan kita dari segala bencana.

Menghapus Kefakiran
Kefakiran memiliki banyak makna, tetapi yang paling bahaya adalah fakir iman dan ilmu. Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani, Rasulullah saw bersabda :
“Barang siapa yang membaca Qul Huwallahu Ahad (Surat Al-Ikhlas) ketika dia menjauhi rumahnya, maka kefakiran akan menjauhi penghuni rumah itu dan tetangganya.” (HR. Thabrani)
Oleh karena itu, ketika memasuki rumah, selepas mengucapkan salam, bacalah Surat Al-Ikhlas sekali saja, agar kita memperoleh pahala besar dan manfaat yang banyak di dunia dan akhirat.
Diriwayatkan dari Sahl bin Sa’ad ra berkata, “Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah saw mengeluhkan kesulitan ekonominya kepada beliau. Rasulullah saw kemudian berkata kepadanya:
“Jika kamu hendak memasuki rumahmu maka ucapkanlah salam jika di rumah itu ada seseorang, akan tetapi jika tidak ada seorang pun di sana, maka ucapkanlah salam kepadaku. Setelah itu bacalah Qul Huwallahu Ahad (Surat Al-Ikhlas) sekali saja.”
Orang itu kemudian mengamalkan apa yang telah diajarkan Rasulullah saw kepadanya. Tidak lama kemudian Allah memberikan rezeki kepadanya yang berlimpah-ruah sampai-sampai kepada para tetangganya.

Baca Juga Artikel kami Surah Al-Waqi'ah , Surah Yasin

0 komentar:

Mari Berbagi Ilmu dengan like fanspage and follow twitter kami..

×
Diberdayakan oleh Blogger.



Follow Us on Twitter..

Pengikut